[Enter Post Title Here] Memilih Jenis Bahan Kain Kaos | Konveksi Kaos Surabaya Konveksi Kaos Surabaya: Memilih Jenis Bahan Kain Kaos

Sabtu, 12 Desember 2015

Memilih Jenis Bahan Kain Kaos


Memilih Jenis Bahan Kain Kaos - Dalam kesempatan kali tim konveksi kaos Surabaya akan mengulas berbagai macam jenis bahan kain untuk pembuatan kaos. Bagi sebagian besar orang berpendapat bahwa jenis bahan kain kaos yang baik dan bagus adalah kain yang memiliki karakteristik lembut, halus serta mampu menyerap air/keringat dengan baik sehingga menimbulkan kesan halus dan adem di kulit, nyaman dipakai, tidak mudah luntur, tidak mudah kusut dan tidak molor/melar meskipun berkali-kali dicuci. Ada berbagai macam/jenis bahan kain kaos yang dijual di pasaran dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Pada umumnya makin mahal harganya maka kualitas bahan kainnya juga semakin bagus. Namun ada juga beberapa penjual yang enggan menjelaskan karakteristik jenis bahan kain yang dijualnya. 



Maka dari itu di artikel ini kami ingin berbagi sedikit pengetahuan dan karakteristik mengenai berbagai  jenis bahan kaos agar Anda lebih memahaminya dan lebih cerdik saat akan membeli bahan kaos atau juga akan memesan kaos.
Mengetahui macam-macam jenis bahan kaos serta kualitas dan karakteristiknya tidak hanya dibutuhkan oleh penjahit maupun pengusaha konveksi, tapi sangat penting juga bagi para calon konsumen untuk paham dan tau tentang jenis bahan kaos. Inilah beberapa jenis bahan kaos tipe T-shirt (kaos oblong) biasanya pengusaha konveksi kaos menggunakan Hyget, TC (teteron cotton),PE (polyester),CVC (cotton viscose) , cotton carded, cotton combed. Sedangkan untuk kaos polo (poloshirt) biasanya mereka memilih jenis lacoste tc / lacoste cotton. Berikut penjelasan tentang masing-masing karakteristik jenis bahan kain kaos : 


Jenis Bahan Kain Kaos




 
1. Kain Kaos HYGET


Jenis bahan kain ini terbuat dari campuran plastik serta terkesan sangat tipis, oleh karena itu harganya paling murah diantara jenis kain-kain yang lain. Sehingga bahan ini, bisa dibilang kurang layak untuk dijadikan kaos. Biasanya pemesanan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin buat kaos dengan jumlah masal tetapi budget yang tersedia minim. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai maupun bonus(gift) suatu produk.



2. Kain Kaos TC (TETERON COTTON)


Bahan TC merupakan jenis bahan kaos yang materialnya terbuat dari campuran cotton 35% dan polyster 65%, bahan kaos jenis TC masih memiliki daya serap namun tidak maksimal. TC ini mirip seperti jenis PE, berasa panas dipakai karena kurang bisa menyerap keringat. Namun jenis bahan TC kelebihannya lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar.




3. Kain Kaos PE (POLYESTER) 


Polyester sesuai namanya, adalah bahan serat sintetis yang dibuat dari ester. Bahan polyester terbuat dari serat sintetis atau hasil minyak bumi. Karakteristik kain ini tipis, agak kasar, dan kurang bisa menyerap keringat dengan baik sehingga kurang nyaman dipakai.


 

4. Kain Kaos CVC ( COTTON VISCOSE) 


Material bahan kaos ini adalah campuran dari 55% Cotton dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat susutnya lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat mampu menyerap keringat.





5. Kain Kaos COTTON CARDET


Bila sudah menggunakan material 100% cotton maka bisa dipastikan kaos tersebut nyaman dipakai, karena tingkat penyerapan keringat sangat sempurna dan karakteristik kainnya halus dan lembut. Namun bila dibandingkan dengan kain combed , jenis kain katun cardet memiliki serat benang yang kalah halus dengan serat benang combed. Kain cardet merupakan kain yang kualitasnya satu tingkat dibawah cotton combed. Harganya pastinya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan kaos katun cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target segmen kelas menengah.



6.Kain Kaos COTTON  COMBED 20s, 24s, 30s

 Bahan katun (cotton) combed berbahan material 100% dari serat kapas alami.
Bahan kaos cotton combed memiliki karakteristik yaitu halus, lembut, nyaman dipakai, tidak panas, dan memiliki daya serap tinggi serta tidak mudah luntur, sehingga sangat sesuai dan cocok dipakai di daerah tropis seperti Indonesia. Ada beberapa kategori tipe kain combed yang dijual di pasaran. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis benang serta setting gramasinya (gr/m2). Biasanya ada  3 varian combed, Ada combed 20s, 24s, 30s. hal yang membedakan adalah ketebalan pada kain combed itu sendiri. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling maksimal tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis dari ketiga kategori tipe katun combed. Biasanya orang lebih cenderung menyukai jenis bahan kaos combed 24s karena memiliki tingkat ketebalan sedang, dan yang paling penting adalah lembut, halus serta mudah menyerap keringat sehingga menimbulkan kesan dingin bagi pemakainya.


7. Kain Kaos
COTTON DOUBLE KNITT


Diantara kualitas kain yang sudah dibahas masih ada jenis kain kaos yang memiliki kualitas paling tinggi dan tentunya dengan harga yang paling mahal yaitu biasa disebut cotton double knit kain ini memiliki rajutan jarum double sehingga penggunaannya bisa dibolak-balik (atas bawah tidak masalah) dan yang paling penting jenis kain kaos katun double knit memiliki tingkat ketebalan diatas rata-rata dari jenis kain cotton cardet maupun combed. Kain ini memiliki karakteristik tebal, halus, lembut dan sangat sempurna dalam hal menyerap keringat. Sayangnya jenis kain katun double knitt jarang sekali dibahas pada artikel-artikel tentang bahan kaos serta jarang dipublikasikan oleh para pengusaha konveksi, bisa jadi karena jenis kain ini memiliki tingkat harga yang paling tinggi diantara jenis kain kaos lainnya sehingga sangat jarang yang memesan dengan menggunakan bahan ini kecuali konsumen dengan tingkat daya beli tinggi atau kaum menengah keatas. Namun jangan khawatir kami konveksi kaos Surabaya sudah sering mengerjakan kaos memakai jenis bahan katun double knitt jadi apabila Anda memerlukan / ingin membuat kaos dengan bahan ini kami siap melayani.


Sekian Artikel tentang memilih jenis bahan kain kaos, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memesan kaos maupun membeli kaos, sehingga tidak salah pilih jenis bahan kain kaos.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar